Rabu, 02 Januari 2013

Sistem Suspensi

GARIS BESAR CHASSIS

sistem chassis meliputi suspensi yang menopang axle, kemudi untuk mengatur arah kendaraan, roda, ban, dan rem untuk menghentikan jalannya kendaraan.


  1. SUSPENSI

dirancang untuk menyerap kejutan permukaan jalan sehingga menambah kenikmatan stabilitas berkendaraan serta memperbaiki kemampuan cengkram terhadap jalan.
suspensi tersiri dari pegas, shock absorber, stabilizer, dan sebagainya. suspensi pada umumnya digolongkan menjadi tipe rigid, dan tipe bebas. suspensi menghubungkan body kendaraan dengan roda-roda dan berfungsi sebagai berikut :
  • selama berjalan, kendaraan secara bersama-sama dengan roda, menyerap getaran, oskilasi kejutan dari pemukaan jalan.
  • memindahkan gaya pengereman dan gaya gerak ke body memulai gesekan antara jalan dengan roda-roda.
  • menopang body pada axle dan memelihara lekat gometris antara body dan roda-roda.
   KOMPONEN UTAMA SUSPENSI
1. pegas berfungsi menyerap kejutan dari jalan dan getaran roda-roda agar tidak diteryskan ke body kendaraan secara langsung. tipe pegas :
  • pegas koil
  • pegas daun
  • pegas batang torsi
2. shock absorber dipasang untuk meredam oksilasi dengan cepat agar memperoleh kenikmatan berkendaraan dan kemampuan cengkram ban terhadap jalan. tipe shock absorber :
Menurut cara kerjanya :
-shock absorber kerja tunggal (single action)
-shock absorber kerja ganda (multiple action)
Menurut kontruksinya :
-shock absorber tipe twin tube
-shock absorber tipe mono-tube
Menurut medium kerjanya :
-shock absorber tipe hidraulis
-shock absorber berisi gas

3. ball joint berfungsi sebagai sumbu putaran roda pada saat kendaraan membelok. ball joint menggunakan pelumasan dengan gemuk.

4. stabilizer bar berfungsi untuk mengurangi kemiringan kendaraan akibat gaya sentrifugal pada saat kendaraan membelok.

5. strut bar berfungsi untuk menahan lower arm agar tidak bergerak maju atau mundur pada saat menerima kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata atau dorongan akibat terjadinya pengereman.

6. lateral control rod tujuannya untuk menahan axle pada posoisinya terhadap beban dari samping.

7. bumper dipasang sebagai pelindung frame,axle,shock, dan lain-lain pada waktu pegas mengerut dan mengembang dui luar batas maksimumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar