Rabu, 04 September 2013

TUNE-UP MESIN TOYOTA KIJANG 5K

Sedikit berbagi nih gan tentang tune up mesin toyota kijang 5k, yang udah gua pelajarin di sekolah dan buku manualnya.
pertama tama kita ulas dulu tujuan dari tune-up.
   Tujuan tune-up adalah untuk meningkatkan kemampuan/performa mesin. Hal yang biasa dilakukan saat tune-up yaitu : memeriksa, mengganti, menyetel, menambah, mengukur, membersihkan, melumasi, dan mengencangkan komponen-komponen mesin.
Adapun pekerjaan-pekerjaan yang harus dilakukan diantaranya :

1. SISTEM PENDINGIN
    - Memeriksa tingginya air pendingin  : sampai gatuis atas (full) jika kurang tambah air pendingin.
    - Periksa kebocoran radiator, jika ada kebocoran ganti dengan yang baru.
    - Periksa tekanan tutup radiator : Standarnya 0,75 - 1,05 kg/cm2

2. TALI KIPAS
    defleksi tali kipas pada 10 kg (22 lb)
    Pompa air - Alternator
                      tali kipas baru       : 5-7 mm
                      tali kipas terpakai  : 7-11 mm
    Poros engkol - kompresor A/C
                           tali kipas baru      : 9-12 mm
                           tali kipas lama(bekas) : 12- 16 mm

3. SARINGAN UDARA
    bersihkan elemen-elemennya

4. BATERAI
    Berat jenis air : 1,25 - 1,27 kg/dm3. periksa menggunakan Hidrometer
    perhatikan tinggi elektrolit baterai.

5. OLI MESIN
    periksa tinggi oli mesin dan kualitas oli mesin.

6. BUSI
    Periksa celah busi : celahnya antara 0,7 - 1,0 mm

7. KABEL TEGANGAN TINGGI ( KABEL BUSI)
    Periksa tahanan kabel busi. tahanannya kurang dari 25 kilo ohm per kabel

8. DISTRIBUTOR
    periksa tutup distributor.
    penyetelan - celah rubbing blok  :0,45mm
                     - celah udara  : 0,20-0,40 mm
                     - celah platina : 0,40 mm
   periksa sudut dwell  max : 52 + 6 derajat. min : 52 - 6 derajat
   periksa saat pengapian : 5 derajat sebelum TMA/idling max.900rpm

9. CELAH KATUP
    pada keadaan dingin    hisap : 0,13 mm
                                       buang : 0,23 mm
   
10. KARBURATOR
      katup trotle terbuka penuh
      periksa pompa percepatan
      cuk biasa
      pembukaan cuk
      putaran idle : 750 rpm

11. KONSENTRASI CO IDLE (GAS BUANG)
      pengetesan CO : 1,0% plus,min 0,5%

12. TEKANAN KOMPRESI 
      standar tekanan kompresi : 12,6 kg/cm2
      limit tekanan kompresi : 9,5 kg/cm2
      perbedaan tekanan antara silinder kurang dari 1,0 kg/cm2

kurang lebihnya seperti penjelasan diatas yang gua pelajari disekolah, kalo ada yang salah atau kurang mohon di tambahkan, terikasih